Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

PUFF..SOLUSI BUDIDAYA IKAN DAN SAYURAN DI PEKARANGAN SEMPIT

17 September 2021 11:13:06  Administrator  275 Kali Dibaca  Berita Desa

PUFF (Portable Urban Fish Farming) adalah sistem memelihara ikan dan sekaligus berkebun yang sangat praktis pada lahan pekarangan yang sempit.

Akuakultur (budidaya perikanan) merupakan salah satu subsektor yang diharapkan dapat berperan penting dalam mewujudkan misi kesejahteraan masyarakat. Perkembangan teknologi dan meningkatnya jumlah Kelompok Pembudidaya Ikan mendorong adanya inovasi dan optimalisasi teknik budidaya ikan untuk menghasilkan produksi ikan yang sebesar-besarnya dan meminimalkan biaya operasional.

Beberapa Pokdakan di Kalurahan Ngargosari mengembangkan budidaya ikan nila dan lele, namun saat ini teknik yang dikembangkan masih menggunakan metode konvensional dengan hasil produksi ikan yang belum maksimal. Selain itu, hingga saat ini sistem budidaya ikan belum diintegrasikan dengan budidaya tanaman.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Laboratorium Kimia Anorganik Departemen Kimia, FMIPA UGM berinisiatif menerapkan sistem Portable Urban Fish Farming (PUFF), dengan memanfaatkan proses sirkulasi air kolam dan filtrasi menggunakan zeolit dan karbon aktif, dikombinasikan dengan sistem akuaponik untuk memanfaatkan kandungan nitrogen dalam air kolam.

Pada program ini juga dilakukan pendampingan dalam budidaya ikan nila yang dikombinasikan yang dikombinasikan dengan budidaya sayuran untuk masyarakat Kalurahan Ngargosari khususnya yang tergabung dalam Pokdakan Ngudi Makmur. Program ini diharapkan turut membantu meningkatkan produksi ikan dan sayuran di lingkungan Kalurahan Ngargosari, mengembangkan teknologi budidaya ikan, sekaligus mendukung program pemerintah kalurahan dalam hal inovasi kegiatan masyarakat.

Hasil yang diperoleh dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Kalurahan Ngargosari, juga  diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat di pedukuhan lain di Ngargosari, Kapanewon Samigaluh serta merupakan bagian dari proses transfer keilmuan segenap Civitas Akademika Departemen Kimia FMIPA UGM. (TRIHID-Red).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Media Sosial

Wilayah Kalurahan

Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:91
    Kemarin:192
    Total Pengunjung:29.259
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.49.228
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

06 Maret 2019 | 27.841 Kali
Profil
06 Maret 2019 | 27.824 Kali
Pemerintah desa
06 Maret 2019 | 27.817 Kali
Profil Wilayah Desa
06 Maret 2019 | 27.811 Kali
Data Desa
06 Maret 2019 | 27.804 Kali
Sejarah Kalurahan Ngargosari
06 Maret 2019 | 27.762 Kali
Visi Misi
26 April 2019 | 27.743 Kali
PPID

Statistik SID