Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

TIM PHP2D BEM FTI UAD BERSAMA BPP SAMIGALUH ADAKAN SOSIALISASI KETAHANAN PANGAN DI NGARGOSARI

21 September 2021 16:38:34  Administrator  165 Kali Dibaca  Berita Desa

Pengabdian masyarakat merupakan wujud mahasiswa ambil peran untuk menjadi fasilitator dalam memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat kalurahan. Sebagai salah satu dukungan dalam merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim PHP2D BEM FTI UAD menggandeng Balai Penyuluhan Pertanian Samigaluh berikan Sosialisasi dengan tema Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kulon Progo Melalui Kemandirian Pangan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Suryono, S.T.P. selaku Koordinator BPP Samigaluh dalam rangka mendukung program Peningkatan Kemandirian Pangan Berbasis Integrated Farming oleh Tim PHP2D BEM FTI UAD.

Sebagai negara agraris yang mempunyai potensi tinggi terhadap sektor pertanian, Indonesia masih mengalami masalah ketersediaan pangan. Di Kulon Progo masih ada 18,3% atau meliputi 95.865 jiwa warga miskin ditandai konsumsi pangan rendah ≤ 1800 kkal/kpt/hr, ≥ 60% pendapatan untuk konsumsi pangan, stunting, kepemilikan lahan sawah ≤ 1000 m2. Hal itu terkait dengan masalah pembangunan pedesaan dan sektor pertanian. Selain itu pemenuhan konsumsi, masyarakat menghadapi tantangan cukup besar yaitu jumlah penduduk yang semakin tinggi, dengan sebaran populasi yang menyebar dan cakupan geografis yang luas. Indonesia memerlukan ketersediaan pangan dalam jumlah yang mencukupi, terdistribusi secara merata sepanjang waktu dengan harga terjangkau serta memenuhi kriteria kecukupan konsumsi. Salah satu dampak yang utama adalah pangan yang merupakan kebutuhan dasar manusia.

Kalurahan Ngargosari merupakan desa yang terletak di Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Di Kalurahan Ngagosari terdapat banyak Kelompok Wanita Tani (KWT) dan juga Kelompok Peternak yang mengembangkan usaha budidaya di bidang sayur dan ternak kambing peranakan etawa. Potensi tersebut cukup baik karena didukung dengan Sumber Daya Alam yang melimpah. Akan tetapi masyarakat perlu mendapatkan pembinaan terkait strategi pemenuhan kebutuhan pangan lokal dan pengelolaan serta pemanfaatan dalam ternak kambing.

Oleh karena itu, masyarakat desa perlu mendapatkan binaan terkait strategi pemenuhan ketersediaan pangan. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membina masyarakat dalam meningkatkan ketersediaan dan cadangan pangan, mewujudkan ketahanan pangan ditingkat rumah tangga dan desa serta wadah pendampingan dalam pengembangan kebersihan kandang dan pelatihan kepada masyarakat dalam pemanfaatan kotoran kambing. Kegiatan ini dilakukan pada 20 September 2021 dan salah satu rangkaian Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sosialisasi ini diikuti oleh 17 peserta dari Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Ternak serta 11 orang tim PHP2D BEM FTI UAD.

Kegiatan ini berlangsung selama 150 menit di Balai Kalurahan Ngargosari. Bapak Suryono S.T.P. memaparkan “Upaya pengentasan kemiskinan di Kulon Progo melaui kemandirian pangan berbasis pemberdayaan masyarakat harus dilaksanakan dengan mindset kuat, dan mengintegrasikan sistem ketersediaan pangan serta konsumsi pangan menuju kemandirian pangan yang berkelanjutan.” Tegas Bapak Suryono selaku pembicara dari BPP Samigaluh (20/9/2021).

Mahasiswa adalah pemuda intelektual yang memiliki peran untuk masa depan. Ini menjadi tolak ukur bersama dalam melangkah demi mewujudkan generasi yang produktif dan bermanfaat bagi sesama. Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D selaku Dosen Pembimbing selalu mengarahkan, dan mendukung penuh seluruh rangkaian kegiatan PHP2D. (Penulis: Ella Prasetya Ningrum, TRIHID-Red)

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Media Sosial

Wilayah Kalurahan

Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:74
    Kemarin:152
    Total Pengunjung:7.929
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.176.80
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID